HUKUM TRUK SAMPAH
(GARBAGE LAW)

Suatu hari saya naik sebuah taksi menuju Bandara. Kami melaju pada jalur yang benar ketika tiba-tiba sebuah mobil hitam mendadak keluar dari tempat parkir tepat di depan kami. Supir taksi menginjak pedal rem dalam-dalam hingga ban mobil berdecit dan berhenti hanya beberapa sentimenter dari mobil itu. Pengemudi mobil hitam tadi mengeluarkan kepalanya dan menjerit ke arah kami mengeluarkan umpatan. Supir taksi hanya tersenyum dan melambaikan tangan kepadanya.

Saya benar-benar heran dengan sikap supir taksi yang bersahabat itu. Lalu saya bertanya kepadanya, "Mengapa sikap bapak seperti itu ? Tadi hampir saja terjadi tabrakan dan akibatnya dapat mengirimkan kita ke rumah sakit.”

Saat itulah saya belajar dari supir taksi itu mengenai apa yang kemudian saya sebut sebagai "Hukum Truk Sampah". Supir taksi itu menjelaskan bahwa banyak orang seperti truk sampah. Mereka berjalan berkeliling membawa “sampah-sampah”. Sampah yang dimaksud adalah frustrasi, kemarahan, kekecewaan dan kebencian. Seiring dengan berjalannya waktu, sampah-sampah tersebut makin menumpuk. Mereka membutuhkan tempat untuk membuangnya dan seringkali mereka membuangnya kepada anda. Jangan sakit hati, tersenyum saja, lambaikan tangan, dan doakan mereka, lalu lanjutkan hidup anda. Jangan pernah ambil “sampah-sampah” mereka untuk kembali membuangnya kepada orang lain yang anda temui di tempat kerja, di rumah atau dalam perjalanan.

Intinya adalah orang yang sukses adalah orang yang tidak membiarkan "truk sampah" mencuri hari-hari mereka dengan merusak suasana hati mereka. Hidup ini terlalu singkat untuk bangun di pagi hari dengan penyesalan, maka : Kasihilah orang yang memperlakukan anda dengan benar. Berdoalah bagi yang tidak. Hidup itu 10% mengenai apa yang kau buat dengannya dan 90% tentang bagaimana kau menghadapinya. Hidup itu bukan menunggu badai berlalu, tetapi bagaimana belajar menari dalam hujan. Selamat menikmati hidup yang penuh berkah dan bebas dari “sampah”.




Back to Articles Menu

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites